b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Alasan Orang Menggeliat Saat Bangun Tidur



Sebagian besar pada saat bangun tidur tanpa sadar kita menggeliatkan tubuh kita di tempat tidur. Apa alasan kita melakukan hal ini saat bangun tidur??

Tubuh akan merasa lebih segar dengan meregangkan tangan dan kaki saat menggeliat. Hal ini dapat membuat seseorang merasa lebih baik dan membantu membuat orang terjaga dari tidur, seperti dikutip dari Livestrong.

Di samping itu ada manfaat lain jika seseorang menggeliat saat bangun tidur :

1. Membuat otot lebih fleksibel dalam menghadapi berbagai kegiatan sepanjang hari

Setelah seseorang tidur dalam jangka waktu yang lama maka ketika bangun otot-otot akan terasa lebih kaku dan tegang, karena beberapa orang memiliki posisi tidur sepanjang malam.

Setelah bangun secara tidak sadar ia akan berusaha mengembalikan fleksibilitas dari otot terutama otot di tangan, kaki dan leher, sehingga membuat ia bangun tidur lebih mudah dan otot lebih siap melakukan tugas sehari-hari.

2. Membuat sendi lebih fleksibel

Peregangan yang dilakukan saat bangun tidur membantu meningkatkan rentang gerak dari sendi serta mengurangi kekakuan yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik dan kelebihan berat badan. Jika fleksibilitas sendi berkurang bisa meningkatkan kemungkinan terkena artritis atau kurangnya keseimbangan yang mengakibatkan cedera.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Peregangan di pagi hari secara otomatis akan meningkatkan sirkulasi darah. Ketika melakukan peregangan maka darah akan mulai bergerak lebih cepat beredar ke otot-otot sehingga menguatkan seseorang untuk bangun dari tempat tidur dan bergerak serta beraktivitas sepanjang hari.

4. Mengurangi stres

Terkadang orang sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari, terutama jika mengetahui akan mengalami berbagai tekanan di hari itu. Dengan melakukan peregangan beberapa menit di pagi hari bisa membantu meredakan ketegangan dan memungkinkan untuk menghadapi hari lebih positif.


Source
Posting Komentar

Posting Komentar