b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Gejala Kerusakan motherboard dan Cara Mengatasinya

Gejala Kerusakan motherboard dan Cara Mengatasinya


Jika PC sering kali menunjukan adanya peng-alamatan yang rumit, atau menampilkan suatu pesan error, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara beraturan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dalam masalah, saya akan memberikan Tips dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan PC Anda dapat berfungsi kembali seperti sedia kala.
Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu : Masalah atau kerusakan Hardware dan Software.

Jenis Kerusakan Dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu :
1. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)
2. Kerusakan Pada Software (Perangkat Lunak)

Kerusakan pada Hardware :
Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya.

1. Kerusakan Pada Power Supply
Gejala :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.
Solusi :
Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.
Masalah :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.
Solusi :
Lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.

Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.

2. Kerusakan Pada Mother Board
Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

3. Kerusakan Pada Harddisk
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Ada kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas

Gejala :
Solusi :
Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software…..Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector….pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.

4. Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk
Gejala :
Jenis kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
Solusi :
1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud (langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer.com
Masalah BIOS

Gejala :
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
Solusi :
Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Gejala :
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
Solusi :
Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.
Berikut Pesan kesalahan BIOS :
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua. Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.

[AMI BIOS]
Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
Solusi : Segera Ganti Batrey nya

Gejala : CPU yang sering Hang?
Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.

Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.*
63 komentar

63 komentar

  • lane hemings
    lane hemings
    04 Januari
    izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)
    Reply
  • LOVELYZ TRILOGY
    LOVELYZ TRILOGY
    30 November
    Reply
  • SOPIR TEMBAKK
    SOPIR TEMBAKK
    14 Juli
    min pc saya del optiplex 980.
    pas dicolokin ke listrik cpu langsung nyala, udah beberapa bulan kalo mau nyalain pc tapi kabel baru di colok harus pencet f1. sekarang dinyalain pc bunyi beep 1 panjang, 3 dan 2 kali. lampu indikator pada monitor nyala biru trus oranye, ga tampil apa-apa di monitor, ini aoa yg rusak kira kira min? mohon pencerahannya min, terimakasih
    Reply
  • sodiqxs
    sodiqxs
    08 Mei
    min pc saya power supply normal indikator lampu di power supply nyala dan pas di nyalakan tombol cpu,power supply langsung mati.apa penyebabnya min?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    17 Maret
    Min
    Punya saya pas malam lagi main, semua tampak normal
    Trus saya matikan cpu saya
    Esok pagi saya nyalain udah nggak mau
    Lampu indikator power di mobo nyala
    Tapi pas di tekan powernya nggak mau bekerja mononya alias nda mau hidup
    Saya periksa psu , baik baik. aja

    Sudah 3x saya kirkm balik ke toko yoestor yg ada di jakarta pusat
    Katanya hanya update bios aja
    Tapi di kirim balik ke saya, 3 hari aja masalah yg sama
    Reply
  • LOVELYZ TRILOGY
    LOVELYZ TRILOGY
    25 Januari
    Reply
  • ryansivers
    ryansivers
    30 Juni
    mas, mohon bantuannya.. PC saya tiba2 mati.. saat dinyalakan tidak ada reaksi apa2.. tidak ada tampilan di layar monitor, tidak ada beep, didak masuk ke dalam bios, tidak booting dll... hanya indikator menyala dan kipas prosesor menyala cepat dan tiba2 menjadi pelan... apakah kerusakan pada power supply?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 April
    Salam kenal om.
    Om saya asa kesulitan pd PC.
    PC sdh masuk mode log on tp pada indikator MOBO tertulisan AA yang mana "RESERVE FOR ASL" dan lanjut "SYSTEM HAS TRANSITION TO ACPI MODE, INTWRUPT IS IN APIC MODE.

    mohon penjelasan dan solusinya

    Mobo : asus rampage iv

    Thx om
    Reply
  • Lucky Computer Solution
    Lucky Computer Solution
    14 November
    Lucky Computer Solution
    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya. Kami melayani service panggilan dengan pengerjaan langsung ditempat hingga permasalahan anda teratasi.
    Area Service yang kami tangani yaitu Cimahi dan Bandung.
    Konsultasikan permasalahan komputer anda kepada kami, seluruh biaya service panggilan adalah 150rb ( diluar penggantian sparepart ) sudah termasuk biaya transportasi .
    No HP/WA : 081220769974
    LINE : museinvin



    komputer hang | virus | komputer nyala tetapi gambar tidak muncul monitor | komputer laptop sering panas | solusi komputer rusak | komputer bermasalah | tidak masuk ke windows | muncul windows genuin | instal ulang windows | setting bios error | service komputer panggilan cimahi bandung | service komputer bisa di panggil ke rumah | komputer tiba tiba mati sendiri | komputer restart sendiri .
    Reply
  • Lucky Computer Solution
    Lucky Computer Solution
    14 November
    Lucky Computer Solution
    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya. Kami melayani service panggilan dengan pengerjaan langsung ditempat hingga permasalahan anda teratasi.
    Area Service yang kami tangani yaitu Cimahi dan Bandung.
    Konsultasikan permasalahan komputer anda kepada kami, seluruh biaya service panggilan adalah 150rb ( diluar penggantian sparepart ) sudah termasuk biaya transportasi .
    No HP/WA : 081220769974
    LINE : museinvin



    komputer hang | virus | komputer nyala tetapi gambar tidak muncul monitor | komputer laptop sering panas | solusi komputer rusak | komputer bermasalah | tidak masuk ke windows | muncul windows genuin | instal ulang windows | setting bios error | service komputer panggilan cimahi bandung | service komputer bisa di panggil ke rumah | komputer tiba tiba mati sendiri | komputer restart sendiri .
    Reply
  • 僕の日記
    僕の日記
    22 September
    Bang.. mau nanya nih.. klo salah satu komponen motherboard lepas atau hilang itu masih bisa di perbaiki tidak?? Contoh.. resistor hilang.. masih bisa di perbaiki atau tidak..??
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Agustus
    Cpu nyala tampilan menu di monitor blank hardish panas kenapa ya
    Reply
  • media abad 21
    media abad 21
    10 April
    mas mau nanya kalo netbook asus 1015 ktika charger conect putus conect putus . bgt strusnya . trus ktila sy cba lepas batrei n menghdupkan pakek adaptor langsung gak bs nyala.
    nah dr mslah ini kira2 apanya ya mas yg hrs d service ?
    Reply
  • bilawal
    bilawal
    17 Februari
    Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    08 April
    mohon petunjuk nya gan PC sy tanpa VGA normal berjam2 tapi begitu menggunakan VGA hanya stengah jam kurang lngsung mati layar tapi Lampu PC hidup kipas smua jalan normal dan sy test ganti VGA tapi masih tetap mohon petunjuk
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Maret
    Mas mau nanya,netbook sy merk hp rusak motherboardnya kata tukang servis. Tp kok mahal sekali ya mas biaya servisnya apa tidak ada solusi lain
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    12 Maret
    Masalah gue motherboard kalo gtu :((
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    08 Maret
    Saya punya masalah pada booting gan, saya pake biostar power on terus keyboard ga respon buat masuk ke booting ,,,,, mohon pencerahan gan,,,, thanks
    • Unknown
      Unknown
      12 Maret
      pke keyboard 2.0 jgn USB
    Reply
  • Olivia Flatcher
    Olivia Flatcher
    15 Desember
    Thanks for the informative article. It really helped my students in writing a descriptive essay about motherboard damages and types of resolving the issues with them.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Mei
    Waw, ini sangat membatu saya 😃

    Tapi saya mau nanya, komputer saya ko "no signal detec" sedangkan semua berjalan normal, HSF, kipas, led mobo nyala..

    Itu penyebabnya apa ya?
    Thank you
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 April
    pc saya lenovo thinkpad, pc gak mau nyala,saat di tekan power yang menyala hanya kipas namun hanya sesaat kemudian mati lagi, deteksi lampu cpu dan hdd gak hidup, power supply sudah saya ujicoba di pc lain ternyata ga ada masalah…mohon petunjuk dari suhu bagaimana cara mengatasinya…
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 April

    G usah berat2, repot2, bawa komputer anda ke tempat service komputer,
    udh gitu biayanya mahal, belum kalo pengerjaanya lama harus d tinggal,
    gmn kalo d tuker2 ??
    Nah skarang kalian g usah bingung2 tgl tlpn atau bbm aja,
    Lucky Computer Solution siap hadir ke tempat anda !!
    Biaya cuman 100rb service ( pembersihan komputer, ganti pasta procesor ) +
    Instal ulang ( windows + Driver + Full applikasi kerja )
    kantor, rumah, warnet siap !!
    ( Husus Bandung Area ) diluar bandung d kenakan biaya bensin

    Lucky
    PIN 25CB7BAF
    HP 081220769974
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Maret
    Admin, aku mau tanya nih, aku pnya pc core2duo, masalah ny, ketika dinyalakan tiba2 layar blank, mouse, speaker n keyboard mati, cpu masih nyala. Udah coba d bongkar terus pasang lagi masih kayak gthu, klo dmatikan trus hidupkan lg, masih gthu jg, tapi klo di diamkan 1 hari, pc berjalan normal tp paling cm 1 jam..

    Apa y yang salah?
    • Unknown
      SouletZ
      04 Maret
      Apakah agan Sucipto Sudah Mencoba membersihkan Motherboardnya dengan Cairan Seperti Tiner / Alkohol ? atau d coba menambahkan Thermal pasta Procie...
      Kemudian Kipas Procienya d bersihkan, jangan Lupa Untuk Mencoba Tukar Batrai CMos nya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    02 Februari
    Kipas laptop nyala tpi di layar ga ada tampilan apa2 gelap, dan lampum indiktor ram dan power ga nyala. Kira2 masalahnya apa y mas ?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    29 Januari
    Maaf maz mau tanya ... Pc d kantor tu throble.... Kalo d idupin mau boot tina tiba mati trus idup lagi . n mau boot mati lagi ... Gitu terus kadang kalo uda lama... Bunyi bep trruss..
    N kalo uda bisa boting n masuk wimdoes d pake bentar ... Gitu lagi... Nah padahal ram uda d ganti pS pun juga ... Vga ia.. Tapi gak ada peeubahan...
    Nah ini yang buat sya bingung mas... Kalo uda daya copot semuanya n processor saya bersihin n gnti pastanya... .. Bisa nyala normal .. Tpi kuat bertahan ampe 3hari foang trus ytetep kaya gejala awal..
    . kan kalo processormya yang kena... Headnya gak panasa juga ya d peganh tempratur normal... Yang jdi petanyaan stiap processpr abis d beesihin bisa. Tpi gak lama... Mohon banuanya mas ya
    • Unknown
      SouletZ
      29 Januari
      Apakah sudah d Coba Pasang Procie nya di MB lain ? atau di coba cek Komponen pada MB nya kali aja udah ada yg Bengkak
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    09 Desember
    mau tnya mas,laptop ane Emachine D720, habis instal ulang,stlh di instal mousenya trkadang lari sndri,misal pas kita ketika kita buka folder,yg muncul mlh properti, dan tombol windows jg gk fungsi,rncana mau ane instal ulang,trnyata stlh masuk bios,tombol up down,gk brfungsi sm skali,mohon pencerahannta
    • Anonim
      SouletZ
      09 Desember
      coba bongkar keyboardnya, terus d getokin belakang keyboard.. untuk touchpad bisa d coba lepas kabel dan pasang lagi kemungkinan ada yg longgar
    • Anonim
      Unknown
      08 April
      mohon petunjuk nya gan PC sy tanpa VGA normal berjam2 tapi begitu menggunakan VGA hanya stengah jam kurang lngsung mati layar tapi Lampu PC hidup kipas smua jalan normal dan sy test ganti VGA tapi masih tetap mohon petunjuk
    Reply
  • buku k13
    buku k13
    04 Desember
    gan sy ad masalah nie PC gk mau hidup smua cara sudah sy cb ttp gk mau hidup
    cara
    1. periksa kabel jika ada yg slah pasang didlam CPU sudah
    2. periksa memory n power supply sudah jg
    3. periksa hardisk jg sudah
    4. gnti batrai comos jg sudah
    tp nihil smua padahal masih bgus nie komputer sekolah,,,
    tolong pencerahannya donkk
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    24 November
    Misi gan,,numpan konsol nih.. Klo laptop sudah menyala tetapi tidak masuk ke dekstop windows nya hanya sampai gambar starting windows saja,,knapa ya gan?? Tetapi bisa masuk ke setup bios
    Reply
  • BPSY
    BPSY
    22 November
    gini gan komputerku semuanya nyala, fan prosesor, kipas vga, psu, indikator monitor nyala tp tidak menampilkan apa2 di layar monitor, dan lampu indikator pc yg (hijau dan merah) tidak nyala sama sekali. ram ane 2 gb 4 slot, ram udah tak coba copot satu2 tp tetap tidak nyala lampu indikatornya dan tidak ada tampilan apa2 di layar monitor padahal layar monitor ane indikatornya udah nyala (kedip2), nah solusinya gan? please help me :(
    Reply
  • ipin.store
    ipin.store
    03 November
    Nmpng nanya gan, kompi saya gak bisa nyala alias matot, pdhl kemarin normal seperti biasa, sdh ane priksa semua kabel listrik semua oke, biasanya ketika dicolok listrik mouse langsung nyala krna mouse ane pake lampu indikator, tapi ini tidak ada sama sekali dan ada tanda2 di bagian power suply ketika dicolok ada suara denging kecil nyaris tak terdengar. Kira2 apa ya gan...
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    08 Oktober
    mau nanya mas, laptop setelah dihidupkan hanya logo windows xp yang berwarna biru yang mucul, sdangkan laptop tidak jalan, kira2 kenapa mas?
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    04 Oktober
    Simple aja klo cpu hidup indikator nyala, semua normal tapi tidak muncul gambar/tampilan sama sekali dimonitor, itu crash di biosnya gan biasanya akibat memory ram crash atau overload, coba di reset aja cmos nya, klo gak salah ada di dekat batre bios atau juga bisa mencabut batre biosnya, lalu pasang lg, -klo cpu hidup normal, tampilan ada sampai masuk windows dan smuanya normal, tetapi gak lama beberapa menit komputer restart,atau mati sendiri, kemudian hidup lagi, kerusakan sperti ini biasanya terdapat pada prosessor, coba cek suhunya atau coba ganti dengan yg baru, semoga bermanfaat ^_^
    Reply
  • Cancer
    Cancer
    02 September
    Banyak juga kemungkinan kerusakannya, jadi tambah puyeng nih...
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    04 Juli
    Gan problem komputer saya begini : komputar saya hidupkan. ( Semua stabil . Fan nyala. Lampu cpu nyala. Monitor ga ada masalah ) setelah komputer hidup tiba" mati ( sekitar 3 detik ) nyala lagi. Tapi di monitor ga ada muncul apa apa. Dan di cpu ada suara. Saya tungguin. Tetep sama dan suara nya ga berhenti.
    Tolong solusi nya gan .
    Maaf menggangu
    Reply
  • ridzaljav
    ridzaljav
    17 Juni
    bang ak bgunk ini problemnya dmna, kand kompi gwa bru gwa instal ulang n brhasil stelah restore semua datanya gwa matiin trus gnti cpu fannya krna yg sblomnya dpet pringatan mulu karna cpu fan eror and gwa pasang vga card gwa, pas gwa nyalain bisa msuk bios pas mau booting ke windowsnya dia malah hang tpi gmbr windowsnya samar samar gk trlalu jelas,ku coba lgi ttep gtu bang, n ak udh coba buat repair windowsnya tpi malah hang di tgah jalan bang, help
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    12 Juni
    gan,maslh pd kompterku,jk d nyalakan tadinya ada printah press f2,dan sampai selanjutnya,setlah d matikan bebrapa jam saya hdupkan lg bisa nyala tp ktk mau masuk menu utama gk bisa,layar kosong tp anak panah bs d gerakan dng mouse,kira2 apanya gan mohon solusinya
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    07 Juni
    kalau usb tidak terdeteksi itu bagaimana mas? Apanya yang rusak?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    02 Juni
    gan mau nanya gejala pc saya,pc setelah saya turn off dan memtikan kontak listrik... saya coba hidupkan kembali pc nya tidak bisa nyala,,tapi stelah saya restar cmosnya baru pc nyala...
    tolong sulusinya gan..
    • Unknown
      SouletZ
      03 Juni
      apa sudah dicoba untuk ganti battray Cmosnya ??
    • Unknown
      Unknown
      03 Juni
      belum gan ,,tapi di bios tidak ada pemberitahuan battay nya,bios sya ecs H55h-cm,
      capek saya setiap x listrik d padamkan,,harus mencabut jampernya,dan seting tanggal lagi deh,,tpi klo listriknya g di padamkan,nyala aj g perlu clear cmos,,,mohon sulusinya gan
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    30 Mei
    mau tanya gan...gejala komputer saya seperti kerusakan pada motherboard tp blm saya bongkar utk lebih lanjutnya...misalkan ada kerusakan pada komponen MB nya (dlm arti resistor" yg menempel pada MB) apakah bisa di ganti atau bagaimana ? mengingat harga MB skrg cukup mahal...MB saya AMD MSI Quadcore utk tipe nya saya lupa :p
    mohon pencerahannya gan...thx before...
    • Anonim
      SouletZ
      03 Juni
      untuk mengganti komponen pada MB bisa2 saja yang penting cara dan alatnya buat solder musti bener gan...tau sendiri di MB jarak kaki2nya sangat dekat
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    20 Mei
    ane tanya gan..klo buat laptop ane lampu depan menyala motherboard ok..tp g ada tampilan di layar gan..padahl lcd ok gan..kira2 apa msalhnya tu?
    • Anonim
      SouletZ
      03 Juni
      coba cek Ramnya terlebih dahulu, atau bisa d coba menggunakan Monitor External
    • Anonim
      Unknown
      08 April
      mohon petunjuk nya gan PC sy tanpa VGA normal berjam2 tapi begitu menggunakan VGA hanya stengah jam kurang lngsung mati layar tapi Lampu PC hidup kipas smua jalan normal dan sy test ganti VGA tapi masih tetap mohon petunjuk
    • Anonim
      Unknown
      13 April
      Tegangan power suply kamu kurang kuat kayaknya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    10 Mei
    trimakasih infonya tapi saya bingun karna saat saya nyalakan komputer dan layarnya menampilkan ctrl-alt-delele dan saat saya menekan perintah itu koh tidak tetap aja muncul trus si
    • Unknown
      SouletZ
      03 Juni
      coba di lihat tulisan apa yang muncul bisa jadi karena OS bermasalah
    Reply
  • jual-motherboard.blogspot.com
    jual-motherboard.blogspot.com
    30 April
    mas, kalo bip panjang terus kenapa ya, apa over heat?
    Reply
  • Fuadi
    Fuadi
    21 April
    aku mau tanya mas. pc pertama dihidupkan lancar, dipakai agak lama mousenya tak mau bergerak, tapi kalau mousenya tidak pakai alas bisa bergerak, bila dimatikan atau direstart tak mau lagi tampil windowsnya. mohon pencerahannya
    • Fuadi
      SouletZ
      21 April
      kalau menggunakan mouse usb d coba pake mouse PS2 begitu juga sebaliknya... mungkin usbnya bermasalah, coba upgrade bios.
      kalau untuk windows tidak tampil d coba masuk safe mode, jika tidak bisa masuk / tetap restart berarti windows nya dah crash terpaksa inull aja
    Reply
  • adie
    adie
    10 April
    aku mau nanya mas.. aku punya PC P4 , DDR1,... waktu dinyalakan, kipas processor berputar, lampu indikator tidak menyala sama skali begitu jg lampu harddisknya, monitor galap, tidak tampilkan satu tulisan sma skali di layar, tidak ada bunyi. kira - kira masalahnya dimana mas.... apakah ada kerusakan yang berat ??? apa ada solusinya jg mas??? makasi sebelumnya dan sukses slalu ..............
    • adie
      SouletZ
      11 April
      apakah listriknya stabil ??
      udah coba tes ganti ram ??
    • adie
      opet
      23 Juli
      bener itu saya juga mengalaminya tidak ada tampilan di monitor,, listrik stabil mas
    Reply
  • Elians
    Elians
    19 Maret
    terimakasih banyak atas infonya...tp sy ada masalah dengan PC saya DELL VOSTRO 220 kipas berputar mati lagi trus berputar lagi lampu indikator menyala tp tidak ada suara beef sama sekali monitor tidak ada tampilan pesnan yg tertulis tidak ada sinyal yang masuk tolong bagaimana solusinya mohon bantuan terimakasih
    • Elians
      SouletZ
      19 Maret
      coba, bongkar ulang itu processor sama kipasnya....bersihkan terlebih dahulu.
      kemudian cabut HDD dan bersihkan Ram, coba menggunakan VgA External
    • Elians
      Unknown
      23 Juni
      mantap :D
    • Elians
      Unknown
      14 Februari
      Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, ada suara beep di speaker berulang ulang....? mohon bantuannya dan solusi nya gmna >>?
    Reply