728x90 AdSpace

Latest News

Gejala Kerusakan motherboard dan Cara Mengatasinya

Jika PC sering kali menunjukan adanya peng-alamatan yang rumit, atau menampilkan suatu pesan error, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara beraturan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dalam masalah, saya akan memberikan Tips dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan PC Anda dapat berfungsi kembali seperti sedia kala.
Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu : Masalah atau kerusakan Hardware dan Software.

Jenis Kerusakan Dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu :
1. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)
2. Kerusakan Pada Software (Perangkat Lunak)

Kerusakan pada Hardware :
Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya.

1. Kerusakan Pada Power Supply
Gejala :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.
Solusi :
Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.
Masalah :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.
Solusi :
Lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.

Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.

2. Kerusakan Pada Mother Board
Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

3. Kerusakan Pada Harddisk
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Ada kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas

Gejala :
harddisk bad sector?
Solusi :
Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software…..Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector….pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.

4. Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk
Gejala :
Jenis kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
Solusi :
1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud (langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer.com
Masalah BIOS

Gejala :
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
Solusi :
Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Gejala :
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
Solusi :
Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.
Berikut Pesan kesalahan BIOS :
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua. Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.

[AMI BIOS]
Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
Solusi : Segera Ganti Batrey nya

Gejala : CPU yang sering Hang?
Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.

Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.*

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

31 Komentar:

  1. terimakasih banyak atas infonya...tp sy ada masalah dengan PC saya DELL VOSTRO 220 kipas berputar mati lagi trus berputar lagi lampu indikator menyala tp tidak ada suara beef sama sekali monitor tidak ada tampilan pesnan yg tertulis tidak ada sinyal yang masuk tolong bagaimana solusinya mohon bantuan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba, bongkar ulang itu processor sama kipasnya....bersihkan terlebih dahulu.
      kemudian cabut HDD dan bersihkan Ram, coba menggunakan VgA External

      Delete
  2. aku mau nanya mas.. aku punya PC P4 , DDR1,... waktu dinyalakan, kipas processor berputar, lampu indikator tidak menyala sama skali begitu jg lampu harddisknya, monitor galap, tidak tampilkan satu tulisan sma skali di layar, tidak ada bunyi. kira - kira masalahnya dimana mas.... apakah ada kerusakan yang berat ??? apa ada solusinya jg mas??? makasi sebelumnya dan sukses slalu ..............

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah listriknya stabil ??
      udah coba tes ganti ram ??

      Delete
    2. bener itu saya juga mengalaminya tidak ada tampilan di monitor,, listrik stabil mas

      Delete
  3. aku mau tanya mas. pc pertama dihidupkan lancar, dipakai agak lama mousenya tak mau bergerak, tapi kalau mousenya tidak pakai alas bisa bergerak, bila dimatikan atau direstart tak mau lagi tampil windowsnya. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menggunakan mouse usb d coba pake mouse PS2 begitu juga sebaliknya... mungkin usbnya bermasalah, coba upgrade bios.
      kalau untuk windows tidak tampil d coba masuk safe mode, jika tidak bisa masuk / tetap restart berarti windows nya dah crash terpaksa inull aja

      Delete
  4. mas, kalo bip panjang terus kenapa ya, apa over heat?

    ReplyDelete
  5. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  6. trimakasih infonya tapi saya bingun karna saat saya nyalakan komputer dan layarnya menampilkan ctrl-alt-delele dan saat saya menekan perintah itu koh tidak tetap aja muncul trus si

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di lihat tulisan apa yang muncul bisa jadi karena OS bermasalah

      Delete
  7. ane tanya gan..klo buat laptop ane lampu depan menyala motherboard ok..tp g ada tampilan di layar gan..padahl lcd ok gan..kira2 apa msalhnya tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek Ramnya terlebih dahulu, atau bisa d coba menggunakan Monitor External

      Delete
  8. mau tanya gan...gejala komputer saya seperti kerusakan pada motherboard tp blm saya bongkar utk lebih lanjutnya...misalkan ada kerusakan pada komponen MB nya (dlm arti resistor" yg menempel pada MB) apakah bisa di ganti atau bagaimana ? mengingat harga MB skrg cukup mahal...MB saya AMD MSI Quadcore utk tipe nya saya lupa :p
    mohon pencerahannya gan...thx before...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengganti komponen pada MB bisa2 saja yang penting cara dan alatnya buat solder musti bener gan...tau sendiri di MB jarak kaki2nya sangat dekat

      Delete
  9. gan mau nanya gejala pc saya,pc setelah saya turn off dan memtikan kontak listrik... saya coba hidupkan kembali pc nya tidak bisa nyala,,tapi stelah saya restar cmosnya baru pc nyala...
    tolong sulusinya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah dicoba untuk ganti battray Cmosnya ??

      Delete
    2. belum gan ,,tapi di bios tidak ada pemberitahuan battay nya,bios sya ecs H55h-cm,
      capek saya setiap x listrik d padamkan,,harus mencabut jampernya,dan seting tanggal lagi deh,,tpi klo listriknya g di padamkan,nyala aj g perlu clear cmos,,,mohon sulusinya gan

      Delete
  10. kalau usb tidak terdeteksi itu bagaimana mas? Apanya yang rusak?

    ReplyDelete
  11. gan,maslh pd kompterku,jk d nyalakan tadinya ada printah press f2,dan sampai selanjutnya,setlah d matikan bebrapa jam saya hdupkan lg bisa nyala tp ktk mau masuk menu utama gk bisa,layar kosong tp anak panah bs d gerakan dng mouse,kira2 apanya gan mohon solusinya

    ReplyDelete
  12. bang ak bgunk ini problemnya dmna, kand kompi gwa bru gwa instal ulang n brhasil stelah restore semua datanya gwa matiin trus gnti cpu fannya krna yg sblomnya dpet pringatan mulu karna cpu fan eror and gwa pasang vga card gwa, pas gwa nyalain bisa msuk bios pas mau booting ke windowsnya dia malah hang tpi gmbr windowsnya samar samar gk trlalu jelas,ku coba lgi ttep gtu bang, n ak udh coba buat repair windowsnya tpi malah hang di tgah jalan bang, help

    ReplyDelete
  13. Gan problem komputer saya begini : komputar saya hidupkan. ( Semua stabil . Fan nyala. Lampu cpu nyala. Monitor ga ada masalah ) setelah komputer hidup tiba" mati ( sekitar 3 detik ) nyala lagi. Tapi di monitor ga ada muncul apa apa. Dan di cpu ada suara. Saya tungguin. Tetep sama dan suara nya ga berhenti.
    Tolong solusi nya gan .
    Maaf menggangu

    ReplyDelete
  14. Banyak juga kemungkinan kerusakannya, jadi tambah puyeng nih...

    ReplyDelete
  15. Simple aja klo cpu hidup indikator nyala, semua normal tapi tidak muncul gambar/tampilan sama sekali dimonitor, itu crash di biosnya gan biasanya akibat memory ram crash atau overload, coba di reset aja cmos nya, klo gak salah ada di dekat batre bios atau juga bisa mencabut batre biosnya, lalu pasang lg, -klo cpu hidup normal, tampilan ada sampai masuk windows dan smuanya normal, tetapi gak lama beberapa menit komputer restart,atau mati sendiri, kemudian hidup lagi, kerusakan sperti ini biasanya terdapat pada prosessor, coba cek suhunya atau coba ganti dengan yg baru, semoga bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  16. mau nanya mas, laptop setelah dihidupkan hanya logo windows xp yang berwarna biru yang mucul, sdangkan laptop tidak jalan, kira2 kenapa mas?

    ReplyDelete
  17. Nmpng nanya gan, kompi saya gak bisa nyala alias matot, pdhl kemarin normal seperti biasa, sdh ane priksa semua kabel listrik semua oke, biasanya ketika dicolok listrik mouse langsung nyala krna mouse ane pake lampu indikator, tapi ini tidak ada sama sekali dan ada tanda2 di bagian power suply ketika dicolok ada suara denging kecil nyaris tak terdengar. Kira2 apa ya gan...

    ReplyDelete
  18. gini gan komputerku semuanya nyala, fan prosesor, kipas vga, psu, indikator monitor nyala tp tidak menampilkan apa2 di layar monitor, dan lampu indikator pc yg (hijau dan merah) tidak nyala sama sekali. ram ane 2 gb 4 slot, ram udah tak coba copot satu2 tp tetap tidak nyala lampu indikatornya dan tidak ada tampilan apa2 di layar monitor padahal layar monitor ane indikatornya udah nyala (kedip2), nah solusinya gan? please help me :(

    ReplyDelete
  19. Misi gan,,numpan konsol nih.. Klo laptop sudah menyala tetapi tidak masuk ke dekstop windows nya hanya sampai gambar starting windows saja,,knapa ya gan?? Tetapi bisa masuk ke setup bios

    ReplyDelete
  20. gan sy ad masalah nie PC gk mau hidup smua cara sudah sy cb ttp gk mau hidup
    cara
    1. periksa kabel jika ada yg slah pasang didlam CPU sudah
    2. periksa memory n power supply sudah jg
    3. periksa hardisk jg sudah
    4. gnti batrai comos jg sudah
    tp nihil smua padahal masih bgus nie komputer sekolah,,,
    tolong pencerahannya donkk

    ReplyDelete
  21. mau tnya mas,laptop ane Emachine D720, habis instal ulang,stlh di instal mousenya trkadang lari sndri,misal pas kita ketika kita buka folder,yg muncul mlh properti, dan tombol windows jg gk fungsi,rncana mau ane instal ulang,trnyata stlh masuk bios,tombol up down,gk brfungsi sm skali,mohon pencerahannta

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bongkar keyboardnya, terus d getokin belakang keyboard.. untuk touchpad bisa d coba lepas kabel dan pasang lagi kemungkinan ada yg longgar

      Delete

No Spam, No No Sara Give The Kiritik and Comment to make this Blog Better

Item Reviewed: Gejala Kerusakan motherboard dan Cara Mengatasinya Description: Rating: 5 Reviewed By: Anton seven
Scroll to Top