728x90 AdSpace

Latest News

3/7/12

Apa itu GPU


Pengertian GPU dan VPU - Graphics Processing Unit
Pernah mendengar istilah GPU ? GPU sering muncul dalam berbagai artikel komputer khususnya dalam kategori kartu grafis. GPU singkatan dari Graphics Processing Unit atau jika dalam bahasa indonesia adalah Unit Pengolahan Grafis.
Definisi atau pengertian GPU menurut wikipedia bahasa inggris, GPU adalah sirkuit khusus yang dirancang untuk cepat memanipulasi dan mengubah memori yang sedemikian rupa sehingga mempercepat pembangunan gambar dalam frame buffer yang dimaksudkan untuk output untuk tampilan.
GPU saat ini digunakan dalam sistem tertanam, ponsel, komputer, workstation, dan konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafis komputer, dan struktur mereka sangat paralel membuat mereka lebih efektif daripada tujuan umum CPU untuk algoritma di mana pengolahan blok besar data dilakukan secara paralel. Dalam sebuah komputer pribadi, GPU dapat hadir pada kartu video (kartu grafis), atau dapat pada motherboard, atau dalam CPU tertentu. Saat ini lebih dari 90% komputer desktop baru dan notebook telah terintegrasi GPU, yang biasanya jauh lebih kuat daripada yang ada pada kartu video khusus.
Istilah GPU ini didefinisikan dan dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999, yang memasarkan kartu video GeForce 256 sebagai “GPU pertama di dunia , yang merupakan sebuah chip prosesor tunggal yang terintegrasi dengan transformasi, pencahayaan, segitiga setup / kliping, dan mesin render yang mampu memproses minimal 10 juta poligon per detik “. Sedangkan perusahaan saingan nvidia yaitu ATI Technologies tidak ingin menggunakan istilah yang dibuat oleh nvidia, ATI menciptakan istilah yang berbeda yaitu VPU (singkatan dari Virtual Processing Unit) dengan menghadirkan kartu grafis Radedon 9700 pada tahun 2002.
Pengertian GPU dan VPU - Graphics Processing Unit 2
Dedicated graphics cards (kartu grafis yang berdiri sendiri atau Add on)
GPU dari kelas yang paling kuat biasanya dengan bentuk yang bisa ditancapkan pada sebuah slot ekspansi di motherboard seperti PCI Express (PCIe) atau Accelerated Graphics Port (AGP) dan biasanya dapat diganti atau ditingkatkan dengan mudah, dengan asumsi bahwa motherboard itu mampu mendukung upgrade kartu grafis. Beberapa kartu grafis masih menggunakan slot Peripheral Component Interconnect (PCI), namun karena bandwidth mereka yang sangat terbatas sehingga umumnya dipakai hanya ketika slot PCIe dan AGP tidak tersedia.
Namun sebuah Dedicated GPU belum tentu dapat dilepas, juga tidak selalu memiliki bentuk yang cocok dengan motherboard model standar. Istilah “dedicated” sebenarnya mengacu pada istilah kartu grafis yang memiliki RAM sendiri, buka pada istilah kartu grafis yang bisa dilepas dan dipasang.
Teknologi seperti SLI buatan Nvidia dan Crossfire buatan ATI memungkinkan dua GPU untuk digunakan menggambar sebuah gambar tunggal, yang meningkatkan daya pengolahan yang tersedia untuk grafis.
Integrated graphics solusions (solusi kartu grafis yang terintegrasi)
Solusi kartu grafis terintegrasi, berbagi kartu grafis, atau Integrated graphics processors (IGP) merupakan kartu grafis yang memanfaatkan sebagian dari RAM sistem komputer. Kartu grafis ini terintegrasi ke dalam motherboard. Pengecualian untuk AMD IGPs yang menggunakan sideport memori khusus pada motherboard tertentu, dan APUS, dimana mereka terintegrasi dengan CPU. Solusi kartu grafis terintegrasi ini lebih murah untuk diterapkan dari pada kartu grafis yang berdiri sendiri, namun cenderung tidak memiliki kinerja yang tinggi. Secara historis, kartu grafis terintegrasi sering dianggap tidak layak untuk memainkan game 3D atau menjalkan program grafis yang intesif, namun masih bisa menjalankan program olah grambar yang tidak begitu intensif seperti Adobe Flash. COntoh IGPs itu buatan dari SIS dan VIA pada sekitar 2004. Namun untuk kartu grafis terintegrasi yang lebih modern seperti AMD Fusion dan INtel HD graphics lebih mampu menangani grafis 2D dari adaobe flash atau grafis 3D tingkat rendah. Sampai saat ini produsen kartu grafis masih terus meningkatkan kemampuan kartu grafis terintegrasi.
Hybrid solutions (solusi grafis hibrida)
Ini merupakan GPU kelas baru yang bersaing dengan grafis terintegrasi untuk komputer desktop kelas bawah dan notebook. Implementasi yang paling umum dari Hybrid solutions adalah ATI HyperMemory dan TurboCache Nvidia. Kartu grafis hybrid sedikit lebih mahal dari kartu grafis terintegrasi namun lebih murah dari pada kartu grafis addon atau dedicad graphics card. Kartu Grafis Hybrid akan berbargi memori dengan motherboard namun memiliki cache memori kecil yang berdiri sendiri.



Source 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar:

Post a Comment

No Spam, No No Sara Give The Kiritik and Comment to Make This Blog Better

Item Reviewed: Apa itu GPU Description: Rating: 5 Reviewed By: Anton seven
Scroll to Top