b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Tips Melindungi Notebook dari Pencuri


Tips Melindungi Notebook dari Pencuri

 


Portabilitas sebuah notebook memang membuat kita merasa nyaman dan tetap produktif di manapun berada. Tapi pada saat yang bersamaan, portabilitas notebook juga menjadi sasaran empuk bagi pencuri. Kehilangan notebook kesayangan sama artinya dengan bencana, apalagi jika spAcer menyimpan banyak dokumen penting di dalamnya dan tidak memiliki cadangan.
Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk melindungi notebook kamu dari pencuri, sekaligus untuk melindungi data yang tersimpan di dalamnya:

Instal software pelacak
Anggap laptop sudah dicuri atau mungkin kamu lupa menyimpan di mana notebook kesayangan. Disinilah pentingnya meng-instal sebuah software pelacak pada notebook kesayangan. Software ini bisa dikatakan sebagai generasi baru untuk melindungi notebook dari tindak pencurian. Menggunakan beberapa elemen yang berbeda, termasuk lokasi alamat IP, positioning wi-fi, atau bahkan kemampuan untuk mengaktifkan webcam pada notebook dari jarak jauh, software pelacak akan membantu kita menemukan kembali notebook yang hilang. Flipcode Hidden, Absolute Software LoJack, Active Trak, atau Gadget Trak adalah beberapa software yang bisa kamu manfaatkan. Meskipun mendapatkan software tersebut dengan cara berbayar, tapi rasanya setara dengan manfaat yang diperoleh.

Back Up Data
Kehilangan notebook sama artinya dengan kehilangan dokumen-dokumen penting di dalamnya. Oleh sebab itu, disinilah pentingnya kamu melakukan investasi berupa hard disk external. Fungsinya tentu untuk membuat data cadangan yang ada di notebook kesayangan. Saat ini banyak sekali ditawarkan hard disk external dengan harga terjangkau tapi kapasitasnya cukup besar. Atau spAcer juga bisa memanfaatkan beberapa website yang menyediakan ruang/space secara gratis untuk menyimpan data yang ukurannya cukup besar.

Jangan menyimpan kata sandi di dalam notebook
Tidak peduli seberapa banyak simbol atau seberapa panjang kata sandi yang kamu gunakan, jika notebook kamu diatur secara otomatis untuk mengingat semua kata sandi tersebut, hal tersebut tetaplah rawan. Berhati-hatilah menggunakan program password management  seperti LastPass pada apapun yang bisa dicuri. Hindari juga menyimpan semua password/kata sandi ke dalam file teks.

Dapatkan asuransi
Kamu bisa menemukan beberapa jenis asuransi yang akan meng-cover notebook yang hilang, dicuri, atau jatuh. Tempat yang paling relevan untuk mendapkan asuransi tersebut adalah vendor notebook itu sendiri. Banyak vendor notebook yang menawarkan asuransi tambahan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut.

Lindungi diri Anda sendiri
Meskipun kamu sudah menerapkan semua langkah pencegahan di atas, mengalami kejadian notebook hilang tetaplah menyakitkan. Tapi rasa sakit atau kesal yang kamu akan alami tidak akan terlalu besar jika kamu sudah mem-back up dokumen penting di dalam notebook, menggunakan kata sandi yang aman, dan memiliki asuransi yang akan mengganti rugi setiap kehilangan tersebut.