b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Cara Bijak Mengemudi Mobil di Kemacetan



Musim libur akhir tahun sudah di depan mata. Banyak keluarga yang merencanakan liburan. Satu hal yang tak bisa dihindari saat perjalanan liburan, yaitu kemacetan panjang.

Saat berada di kemacetan, perilaku pengemudi yang tidak beretika, malah menambah kesemerawutan. Lantas apa yang harus dilakukan saat terjebak kemacetan?

1. Bagi pengemudi mobil bertransmisi otomatis, tekanlah pedal akselerator sehalus mungkin. Sebenarnya, untuk mobil dengan transmisi otomatis, saat gear di posisi 'D', mobil sudah bisa jalan dengan sendirinya. Menekan pedal akselerator berlebih berpotensi memboroskan bahan bakar.

2.Jika harus berhenti di kemacetan, masukkan tuas perseneling ke 'N'. Gunanya, selain dapat menghemat bahan bakar, kita juga mengurangi keausan kampas rem dan cakram.

3.Jangan terlalu sering memainkan pedal rem, karena justru akan menyilaukan pengemudi dibelakang Anda.

4.Saat menekan rem, jangan dilakukan secara mendadak. Sebuah penelitian menunjukan bahwa pengemudi di belakang Anda otomatis akan merespon secara mendadak pula, dan meningkatkan tekanan jantung si pengemudi.

5.Ketika ingin berpindah jalur saat macet, selain menyalakan sein, sebaiknya sambil melambaikan tangan atau acungan jempol. Sesuai adat ketimuran, cara ini dianggap lebih santun.​



Autocar Indonesia
Posting Komentar

Posting Komentar