b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Trik Agar Lolos Casting

Penyiar radio, MC dan presenter televisi Olivia Fendry, kini bergabung dalam keluarga besar Syle Factor! Wanita berambut indah ini akan mengulas kiat seputar gaya hidup di Style Factor video dan blog.








Menjalani casting yang satu ke casting yang lain adalah tahap yang harus dilalui setiap orang yang ingin terjun ke dunia entertainment. Sebelum diterima sebagai penyiar radio pun saya harus melalui sejumlah casting. Begitu pula pekerjaan lain seperti presenter televisi dan tentunya presenter untuk video Style Factor.

Di awal karier saya sebagai model, casting adalah hal yang tak disukai oleh para rekan model. Menunggu berjam-jam, lalu cuma disuruh berjalan catwalk 2 menit atau berakting 3 menit, hanya untuk ditolak bukanlah hal yang menyenangkan.

Tapi saya baru menyadari belakangan bahwa jumlah waktu yang saya anggap terbuang percuma itu, justru menjadi bekal berharga di kemudian hari. Berbagai ilmu tentang bagaimana berkompetisi di dunia hiburan saya dapat secara gratis. Dan secara tak langsung saya mengasah kemampuan saya berbicara di depan umum.

Yang penting untuk diingat adalah: tidak lolos casting tak selalu berarti Anda tidak berbakat. Bisa saja karena karakter Anda belum cocok dengan apa yang dicari klien. Tak perlu berkecil hati, selalu jadikan kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda.

Bertahun-tahun menjalani casting, ada 10 trik yang bisa saya simpulkan agar melewati ini dengan sukses. Buat para pemula yang berminat terjun ke dunia entertainment, ini caranya.

Siapkan mental Sebisa mungkin gali informasi sebanyak mungkin tentang casting yang Anda lakukan agar menguasai "medan". Misalnya karakter desainer (bila casting model catwalk), karakter produk (bila casting iklan), atau karakter program/stasiun TV untuk casting presenter. Dengan begitu secara mental Anda akan merasa siap menghadapi casting sekaligus menghindari kesalahan yang tidak perlu.  

Pilih kostum yang tepatSetelah mengetahui detail casting yang akan Anda jalani, sesuaikan kostum Anda. Jangan pernah berdandan atau bergaya berlebihan untuk menarik perhatian, tapi bergayalah seusai karakter yang dibutuhkan oleh user. Salah kostum pada saat casting selain mengurangi rasa percaya diri juga membuat Anda tak fokus karena salah tingkah.

Bisa karena biasaMencari referensi untuk latihan berjalan di atas catwalk, berpose, berakting atau berbicara di depan kamera penting dilakukan. Selain membantu Anda lebih percaya diri juga dapat membantu Anda memberikan penampilan yang terbaik pada saat casting.

Tepat waktuApabila casting-nya by appointment, usahakan untuk datang tepat waktu. Anda tidak mau 'kan membuat klien mempertanyakan profesionalisme Anda. Tetapi apabila memang Anda sudah berusaha untuk datang tepat waktu tetapi ada halangan, usahakan untuk memberitahu pihak klien situasi Anda supaya mereka tidak menunggu tanpa kabar.

Jadilah diri sendiri Walaupun harus menyesuaikan tampilan dengan karakter yang diminta bukan berarti Anda harus menjadi orang lain. Tetap jadilah diri sendiri karena dengan berpura-pura menjadi orang lain akan terlihat berlebihan.

Bersikap santunJagalah sikap dan sopan santun Anda di tempat casting, karena Anda layaknya tamu yang mendatangi kantor orang lain. Sapalah semua orang begitu Anda datang dan ucapkan terima kasih serta berpamitan begitu sudah selesai. Sepele, tapi meninggalkan kesan pertama yang ramah tak pernah merugikan.

Percaya diriTanamkan rasa percaya diri pada diri Anda, sehingga Anda dapat menunjukkan kemampuan semaksimal mungkin. Rasa rendah diri atau malah terlalu percaya diri tidak akan berguna, karena keduanya justru bisa menghambat Anda untuk mengerahkan segala kemampuan.

Berhati-hati dan tetap waspadaMengingat kasus yang dulu pernah terjadi, Anda juga harus waspada terhadap pihak-pihak “nakal”. Tidak pernah ada produk atau program yang memungut biaya untuk casting. Dan, tak ada casting yang akan meminta model/TV host untuk  membuka baju dalam proses pemilihan.

Untuk iklan sabun atau perawatan kulit, gunakan kemben dan celana pendek, bila mereka menginginkan lebih dari itu sebaiknya Anda memilih sikap untuk mundur saja. Usahakan juga ada yang menemani pada saat casting di tempat yang kurang familiar bagi Anda.

Berikan yang terbaik
Setelah semua doa dan usaha sudah dipersiapkan dan lakukan sebaik mungkin, tinggal menunggu dengan positif akan hasilnya. Apabila setelah seminggu belum ada kabar dan Anda penasaran, tidak ada salahnya Anda menghubungi pihak klien untuk menanyakan hasilnya. Dan jangan lupa, apabila bukan Anda yang terpilih, berusahalah untuk tetap bersikap sportif.

Jangan menyerahTidak lolos casting bukan alasan untuk menyerah. Saya mengerti perasaan kesal pasti ada, karena saya  juga pernah merasa berkecil hati karena tidak lolos casting. Obat untuk perasaan itu hanya satu: kembali lagi menjalani casting lain yang ada. Sebab, pada akhirnya pasti akan ada casting yang lolos karena karakternya cocok dengan  Anda. Jadi, jangan pernah menyerah!



id.omg.yahoo.com/blogs/stylefactor/10-trik-jitu-agar-lolos-casting-080143928.html
Posting Komentar

Posting Komentar