b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Blog Untuk Generasi Muda Yang Pintar


Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Potensi Blog Untuk Generasi Muda



Pengertian dari potensi blog untuk generasi muda adalah kemampuan atau kekuatan yang di miliki oleh blog yang dapat di manfaatkan oleh generasi muda untuk mengaktualisasikan diri melalui buah pikir maupun karya nyata yang di publikasikan melalui sebuah blog. Baik blog pribadi maupun komunitas blog.

Yang pertama pengertian dari potensi blog adalah merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki oleh sebuah blog, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.Jadi yang memiliki kekuatan adalah blog itu sendiri danyang memanfaatkan potensi dari blog adalah kita selaku pengguna.
Yang kedua Pengertian generasi yaitu sekumpulan orang yang hidup dalam jangka waktu yang sama.Sedangkan pengertian pemuda (youth) menurut Princeton dalam kamus Webstersnya adalah the time of life between childhood and maturity; early maturity; the state of being young or immature or inexperienced
Jadi bisa di ambil kesimpulan Pengertian dari potensi blog untuk generasi muda adalah kemampuan atau kekuatan yang di miliki oleh blog yang dapat di manfaatkan oleh generasi muda untuk mengaktualisasikan diri melalui buah pikir maupun karya nyata yang di publikasikan melalui sebuah blog. Baik blog pribadi maupun komunitas blog.
Baiklah saya rasa pendahuluan dari artikel ini sudah cukup.mari kita lanjutkan ke pokok masalah yang akan kita bahas secara runtut di bawah ini.

GENERASI MUDA SAAT INI

Data dari kemkominfo jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 82 juta orang di tahun 2016 dan 80 persennya adalah remaja 15 sampai 19 tahun.Dan fakta yang mengejutkan Indonesia termasuk pengguna jejaring social facebook terbesar ke 4 di dunia.
Dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa potensi pengguna internet di Indonesia sangatlah besar.Namun mereka lebih banyak menghabiskan waktu Onlinena di media social seperti Facebook dan Twitter.
Seperti kita tau bahwa menghabiskan waktu di media social bukanlah sesuatu yang produktif walaupun ada beberapa yang bisa memanfaatkan media social untuk hal hal yang positif dan bermanfaat.Dan tentu saja bisa menghasilkan Uang.Tapi kebanyakan dari mereka Cuma membuang buang waktu percuma.


MASALAH GENERASI MUDA

Internet memang seperti pedang bermata dua.Di satu sisi bisa mendatangkan kebaikan.tapi di sisi yang lain jika kita tidak arif dan bijaksama dalam menggunakannya maka akan menjadi boomerang bagi kita dan generasi penerus bangsa.Di dunia maya kita bisa dengan bebas mengakses informasi dari seluruh dunia.Dan Dari Internet juga kita belajar hal hal yang kurang baik dan tidak sesuai dengan adat kita sebagaiorang timur.
Pemuda sebagai generasi penerus bangsa haruslah kita arahkan untuk memanfaatkan internet dengan hal yang positif, membangun dan mencerdaskan.Tentu saja beban tersebut tidak cukup hanya di berikan kepada pemerintah. Kita sebagai warga Negara Indonesia yang cinta tanah air tentu bisa juga ikut memberikan pendidikan dan informasi yang berguna bagi generasi penerus bangsa.
Salah satu hal yang bisa kita berikan kepada mereka adalah dengan memperkenalkan blog kepada generasi muda.Saya yakin masih banyak jutaan pemuda di luar sana yang memanfaatkan Internet Cuma untuk mengakses situs situs begituan dan berjam jam di facebook dan twitter.


APA ITU BLOG

Sebelum mereka mengetahui Potensi blog untuk generasi muda.Pertanyaan mendasar yang akan mereka tanyakan adalah apa itu blog?Dari pada kita pusing mendevinisikan makanan apa itu Blog maka akan kita katakana pada mereka blog adalah tempat berbagi ide dan kreasi baik berupa tulisan,Photo maupun video yang bisa kita manfaatkan secara gratis. Di sini saya tekankan kata GRATIS karena semua orang suka dengan hal hal yang berbau gratis.
Setelah anda mengetahui apa itu blog sekarang anda tinggal memilih platform blog gratis yang ingin anda gunakan.Di sini banyak sekali pilihan mulai dari Blogspot. WordPress,joomla,Livejournal,Tumblr dan lainnya. Saya sendiri lebih memilih Blogspot karena beberapa kelebihan yang ada padanya. Di antaranya Blogspot milik google dan bisa ikut program google adsense.
Jika anda tertarik untuk membuat blog di blogspot yang perlu anda persiapkan hanya sebuah email dari Gmail dan silahkan anda menuju ke dashboard blogspot.Untuk tutorial cara membuat blog anda bisa cari referensinya di internet.Kebetulan saya sendiri tidak membuat tutorial blogspot.



POTENSI BLOG UNTUK GENERASI MUDA


Blog sebagai salah satu media online yang sangat terkenal mempunyai beragam manfaat yang bisa kita gali.Potensi blog untuk generasi muda ini dapat kita manfaatkan secara gratis maupun berbayar.Anda tinggal pilih salah satunya
Di bab ini kita akan membahas inti atau jantung dari artikelini.Anda bisa mengabaikan pendahuluan dan langsung membaca bagian ini untuk dapat mengetahui maksud dan tujuan dari artikel ini.
Setelah saya pertimbangkan dengan masak dan dengan bumbu yang sedap maka saya mengambil kesimpulan ada 7 potensi blog yang bisa kita manfaatkan.Potensi ini bisa ke luar maupun ke dalam.potensi blog ini bisa kita manfaatkan untuk kita pembuat blog maupun kita sebagai penikmat blog.


1. Tempat menimba ilmu
Sebagai manusia yang haus akan informasi kita menginginkan informasi pendidikan,Tutorial,berita maupun informasi hiburan yang selalu baru dan mudah di akses.Dan blog adalah salah satu tempat yang bisa kita jadikan rujukan untuk mendapatkan ilmu ilmu baru.Dan kadang perkembangan dunia ilmu pengetahuan lebih cepat kita dapatkan di dunia maya dari pada di bangku sekolah ataupun bangku kulian.


2. Tempat menyalurkan Ide dan gagasan
Blog bisa kita manfaatkan untuk mempublikasikan ide maupun gagasan kita akan suatu hal yang terjadi di masyarakat.Dan salah satu keunggulan blog adalah dapat memjangkau lebih luas pembaca tanpa terhalang oleh letak geografis perbedaan bahasa.lain halnya jika kita mempublikasikan tulisan kita melalui Surat kabar atau majalah akan terasa sulit karena harus melali seleksi ketat dan sensor dari dewan redaksi surat kabar tersebut. Jangkauannya juga terbatas di lingkup regional dan nasional.

Idea tau gagasan kita bisa kita publikasikan secara real time tanpa di sensor oleh Komisi penyiaran.Tak peduli ide kita itu konyolataugagasan yang nyleneh pun bisa kita tulis.Walaupun begitu kita tetap harus bertanggung jawab dengan apa yang kita tulis dan publikasikan.

3.Tempat menyalurkan Hobby
Potensi blog untuk generasi muda no 3 tempat menyalurkan hobby. Blog juga bisa kita manfaatkan untuk menyalurkan hobbi.Bisa kita lihat banyak sekali blog yang sukses di Indonesia yang berasal dari Hobby. Jika anda hobbi masak anda bisa membuat blog tentang resep masakan.Hobi photografi anda juga bisa membuat blog fotografi.Apa lagi? Keahlian dan hobby anda apa sekarang,Tuangkanlah hobby anda di dalam blog siapa tau nanti anda bisa sukses dari hobby yang anda tekuni.

4.Menggerakkan roda perekonomian.
Blog yang di kelola dengan baik dan sukses akan bisa turut serta di dalam menggerakkan perekonomian masyarakat..Kok bisa? Tentu saja bisa.Saat anda mempunyai sebuah blog yang besar maka anda sudah tidak bisa mengurusnya seorang diri.Anda akan membutuhkan orang lain sebagai penulis untuk bisa update artikel setiap hari.Anda akan membutuhkan domain pribadi dan juga hosting,maka bermunculan perusahaan penyewa hosting. Anda juga membutuhkan desain grafis untuk situs anda.Dan yang tidak kalah penting jasa SEO agar blog anda tetap nangkring di page One.
5.Sarana promosi
Dengan sebuah blog gratisanpun anda sudah bisa mempromosikan kegiatan atau acara yang anda kelola bersama komunitas anda..mempromosian kota anda maupun desa anda.Jangan lupa juga untuk mempromosikan tempat tempat yang menarik di wilayah anda.

6.Menjadi Jutawan
Potensi blog untuk generasi muda yang ke 6 menjadi Jutawan.Judulnya asikk bener. Jadi jutawan lewat blog. ini bukanlah mimpi.Anda bisa mewujudkannya dengan perencanaan yang matang dan tentu saja semangat pantang menyerah.Sudah banyak blogger Indonesia yang memperoleh bayaran puluhan juta rupiah dari blog yang mereka kelola. Contoh yang sukses di adsense. Eka lesmana, Indri lidiawati, Mak manroe,Mas gee jhon dan Para member IAPD.


Yang sukses jualan template ada Kompi ajaib.Arlina design,Mas Sugeng, Mas kolis, Yang sukses di hobby ada Om kicau dan Iwan banaran.Yang sukses sebagai selebriti Raditya dika. Dia juga jualan buku di blognya. Yang sukses di blog besar dengan pengelolaan profesional ada Kristian Sugiono dengan malesbangetdotkom-nya. Ada owner Kaskus. Cara mendapatkan uang ari blog pun bermacam macam.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang melalui blg:
· Google Adsense.Yang paling sederhana adalah dengan mengikuti program periklanan dari google adsense maupun program iklan lainnya. Yang perlu anda pikirkan hanyalah update artikel. Menurut saya cara ini adalah cara yang paling klassik. Anda juga bisa membuka spase iklan mandiri.

· Program Afiliasi atau CPA. Anda akan di bayar jika ada yang membeli suatu barang melalui link milik anda.Contoh Amazon dan Clickbank

· Toko Online.Anda bisa menjadikan blog anda sebagai took online.Anda bebas menawarkan barang kepada seluruh pengguna Internet di dunia.Yang paling penting anda tak akan di kenakan biaya sewa lapak.

7.Menambah saudara.
Dengan membuat blog anda akan memperoleh banyak teman.Kok bisa? Ya tentu saja bisa.karena sebagai seorang pemula di dunia blog maka anda akan terus belajar dan belajar agar sampai tingkat mahir.Salah satuhal yang anda lakukan adalah dengancara berkunjung ke blog tetangga.Meninggalkan komentar dan saling mengenal. Tidak cukup dengan itu anda akan bergabung dengan komunitas blog di Indonesia dan salah satunya adalah komunitas blog di google plus IAPD. Indonesian Adsense publisher Discussion. ( Semoga tidak salah ketik ).
Kita akan banyak saudara di IAPD yang siap membantu apa saja yang kita butuhkan. Saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama untuk meningkatkan kualitas blog di Indonesia.

LANGKAH LANGKAH MEMANFAATKAN POTENSI BLOG HINGGA  SUKSES

Pada poin ini saya akan menambahkan sedikit catatan kecil tentang langkah yang anda perlukan untuk memanfaatkan potensi blog bagi anda pribadi.Untuk bisa memahami apa yang akan saya utarakan anda sebelumnya harus sudah mengetahui apa itu blog. Dalam hal ini akan lebih bagus jika anda sudah pernah membuat sebuah blog di blogspot.Kenapa blogspot karena ini akan memudahkan anda nantinya.
Yang kedua anda harus sudah tau apa itu keyword planer.karena langkah ini memerlukan keywordplaner sebagai langkah pertama anda menuju kesuksesan dengan memanfaatkan potensi dari sebuah blog gratis.Jika Anda belum tau ke dua hal tersebut tidak masalah.Anda lanjutkan saja membaca bab ini sampai selesai dan kemudian anda lanjutkan dengan mencari tau tentang blog dan cara membuat blog serta cara riset keyword dengan keyword planner.
Tanpa basa basi lagi berikut langkah langkan untuk mencapai sukses dengan memanfaatkan potensi blog.
1.Cari Keyword.Bukalah keyword planner, cari kata kunci yang terdiri dari 2 suku kata dan memiliki pencarian di atas 5000 per bulan.lebih banyak lebih baik.Kenapa bukan 1 suku kata? karena satu suku kata sangat sulit persaingannnya dan biasanya sudah di pakai orang sebagai alamat blognya.
Mulailah mencari kata kunci 2 suku kata di mulai dengan bidang keahlian yang anda kuasai.karena ini akan memudahkan anda nantinya di dalam membuat postingan di blog.Misal jika anda ahli masak. Maka cari kata yang berhubungan dengan masakan. misal “Resep masakan” atau “masakan padang” dan lain lainnya. jika sudah menemukan yang anda rasa cocok silahkan pergi ke blogspot.
2.Buat Blogspot.Di blogspot buka dasbor blogger dan tambahkan situs.Buat blog baru berdasarkan kata kunci yang sudah anda temukan tadi.jika kata kunci tersebut sudah ada yang pakai ganti dengan yang lain yang masih mempunyai jumlah pencarian di atas 5000 per bulan. Fungsi dari kata kunci 2 suku kata tadi adalah untuk membuat alamat blog yang mengandung kata kunci persis sama. Walaupun banyak yang bilang bahwa keyword on domain sudah tidak berpengaruh tapi percayalah ini masih menjadi salah satu faktor yang akan memudahkan blog anda muncul di hasil pencarian.
kenapa saya berani bilang begitu karena salah satu blog saya menggunakan keyword on domain dan lebih cepat memperoleh trafik organik dalam 1 bulan. Setelah anda berhasil membuat blog yang mengandung kata kunci isilah dengan artikel yang banyak.buat khusus menulis tentang topik tersebut maka dalam 1 bulan anda sudah memperoleh trafik dari mesin pencari.
3.Custom Domain.Setelah blog anda memperoleh pengunjung organik sekarang langkah selanjutnya adalah membeli sebuah domain.cari domain yang anda suka.Tidak harus sama dengan domain anda di blogspot karena di tahap pertama anda sudah membuat blog nice. Belilah sebuah domain di penyedia domain terpercaya, kemudian anda kaitkan dengan blogspot milik anda. Selamat sekarang anda sudah mempunyai TLD.TLD yaitu Top Level Domain jangan sampai salah dengan TDL kita tidak sedang membahas PLN.
Jika anda mentok dengan blog nice anda bisa merubahnya menjadi blog gado gado.Terus update artikel setiap hari.jangan patah semangat terus tulis artikel agar pengunjung blog anda semakin banyak.
4.Daftar Google ADSense. Di tahap ini anda selain update blog daftarkanlah blog anda ke google adsense.Tapi sebelum itu anda pastikan dulu blog anda mematuhi kebijakan adsense dan pedoman webmaster.Hal ini agar anda dapat dengan mudah di terima oleh google adsense.
5.Buat blog Bahasa Inggris.Langkah ke lima jika anda ingin sukses di Adsense  dengan memanfaatkan Blog buatlah blog bahasa Inggris. Setelah anda memperoleh pendapatan dari Adsense sisihkan sebagian uang anda untuk membeli domain dan hosting. Pilihlah domain dengan bahasa inggris karena anda akan membuat blog dengan target pengunjung orang bule.Pilih serfer amerika agar loading blog lebih cepat.
Bagaimana saya mau buat blog bahasa inggris jika saya tidak bisa bahasa Inggris? Di sinilah kuncinya.Setelah anda gajian dari adsense misalnya sebulan 3 juta. maka anda sisihkan 30% gajian adsense anda untuk investasi masa depan. Jangan semuanya anda habiskan. Ini adalah program jangka panjang anda. Ok dari contoh di atas berarti ada uang sektar 1 juta per bulan yang harus anda Investasikan. Bagaimana caranya?
Belilah Artikel bahasa Inggris di fiver atau yang lainnya. Cari pembuat artikel yang berkualitas. Misal 1 rtikel di hargai 10 dollar maka anda dalam saru bulan sudah mempunyai 10 artikel yang bisa anda terbitkan di blog anda. Dalam 1 tahun maka bloh anda sudah mempunyai 120 artikel. Jika gajian Adsense anda lebih dari 3 juta, Maka anda bisa memperoleh artikel lebih banyak tergantung uang yang anda belanjakan.
Sudah bukan rahasia lagi jika blog Indo mempunyai CPC yang tinggi bahkan bisa mencapai 10 dollar 1 kliknya.Dengan mempunyai 1 blog lokal dan 1 blog Bule maka anda sudah bisa sukses di adsense.Dan cara iniadalah cara yang paling mudah untuk memanfaatkan potensi blog.
Langkah langkah di atas adalah langkah yang terstruktur dan terencan. langkah ini juga langkah yang paling muah untuk di realisasikan. Bagaimana Apa anda Tertarik? Selamat memcoba?
Mungkin di dalam diri anda timbul pertanyaan apakah Admin sudah sukses dengan langkah di atas. Dengan jujur saya jawab belum karena saya baru mencapai langkah ke 4. yaitu menjadi publisher Adsense.Untuk langkah selanjutnya masih menunggu gajian dari adense. Tapi Menutur saya hipotesisi di atas bisa di laksanakan. Dan tidak harus saya dulu yang melaksanakan dan sukses. Jika sekarang anda sudah dalam tahap gajian rutin dari Adsense tidak ada salahnya anda melakukan lompatan besar dengan langkah ke lima.Mari kita berlomba untuk meraih kesuksesan.
Semoga Bermanfaat Bagi Yang Berminat Mencoba Menadji Blogger..

sumber :Soulsismart
Posting Komentar

Posting Komentar