b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Penyebab dan Gejala Flu dan Sinusitis

Penyebab dan Gejala Flu dan Sinusitis
Penyebab dan Gejala Flu dan Sinusitis



Apa penyebab anda terkena flu atau penyebab sinusitis? Bagaimana gelaja flu dan bagaimana gejala sinusitis? Mari kita simak informasinya disini. Pada saat anda sedang mengalami hidung tersumbat, sering bersin dan disertai dengan sakit kepala. Itu dapat menandakan jika anda sedang terserang flu atau sinusitis. Namun, tahukah anda apa perbedaan fulu dengan sinusitis?
Bagi sebagian orang yang awam, pastinya anda akan merasa kesulitan dalam membedakan kedua jenis penyakit tersebut. Sinusitis merupakan salah satu jenis penyait yang disebabkanoleh karena infeksi bakteri yang terjadi pada rongga sinus. Sinus merupakan bagian rongga yang terdapat pada bagian dalam tulang pipi yang berdekatan dengan hidung, mata dan dahi. Sedangkan penyakit flu dapat disebabkan oleh karena infeksi virus yang mengakibatkan produksi lendir pada hidung semakin meningkat.


Gejala yang ditimbulkan dari penyakit flu dan sinusitis dapat berbeda, simak penjelasannya berikut ini.

Gejala flu dapat ditandai dengan :

  • Pada awalnya gejala akan muncul di hidung
  • Sering bersin-bersin dan disertai dengan hidung tersumbat
  • Penderita akan mengalami pilek dengan keluarnya cairan lendir yang berwarna bening
  • Terasa sakit pada tenggorokan pada saat menelan
  • Demam yang disertai dengan sakit kepala

Sedangkan gejala sinusitis dapat ditandai dengan :

  • Mengalami masalah bau mulut
  • Mengeluarkan lendir dari hidung yang berwarna kuning kehijauan
  • Hidung tersumbat
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Terasa nyeri pada wajah, mata dan dahi, terutama pada saat posisi sedang sujud

Penyebab flu dan sinusitis

Flu dapat disebabkan oleh virus, sedangkan sinusitis disebabkan oleh bakteri.
Gejala pada flu dapat berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan sinusitis dapat berlangsung 1 minggu atau bahkan dapat berbulan-bulan lamanya.
Pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu :
  • Flu dapat diobati dengan minum obat flu secara rutin dan teratur, banyak minum air putih hangat dan istirahat yang cukup. Jika flu tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 1 minggu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Sinusitis dapat diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti dekongestan, koritkosteroid nasal, antibiotik, analgetik dan antiseptic. Jika pengobatan dengan obat-obatan tidak juga sembuh, maka harus dilakukan jalan operasi.
Sebetulnya, penyakit seperti flu dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi jika flu tak kunjung sembuh dan berulang dapat menyebabkan terjadinya sinusitis. Hal ini dikarenakan, infeksi flu atau juga dikenal dengan rhinitis alergi yang berulang dapat mengakibatkan pembengkakan dan juga terblokirnya rongga sinus pada membran mukosa sinus, sehingga dapat menyebabkan lendir menumpuk didalam rongga sinus dan menjadi tempat berkumpul bakteri.
Hasil diagnosis secara pasti akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga dilakukan pemeriksaan penunjung apabila suatu waktu diperlukan, misalnya saja dengan dilakukan rontgen atau CT scan. Apabila penyakit sinusitis tidak segera dilakukan penanganan medis, maka dapat berdampak buruk yang menyebabkan terjadinya kerusakan secara permanen pada rongga sinus dan infeksi pada selaput otak (meningitis). Maka dari itu, sebelum terlambat segera periksakan kondisi kesehatan anda jika mengalami beberapa gejala seperti diatas.



manfaat.co
Posting Komentar

Posting Komentar