b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Sejarah Singkat Pemberian Nama " INDONESIA "

Sejarah Singkat Pemberian Nama " INDONESIA "





MENGAPA DIBERI NAMA "INDONESIA" ?

Istilah Indonesia untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seseorang bernama James Richardson Logan di tahun 1850 dalam ilmu bumi  , ia adalah seorang ahli etnologi yang berasal dari Inggris . ia menggunakan nama indonesia sebagai seuatu nama ilmiah dalam ilmu bumi untuk kepulauan yang ada di samudera hindia yaitu kepulauan negara kita. 


Kata Indonesia digunakan oleh Logan dengan mengcu pada bahasa Latin. Kata indonesia berasal dari kata Latin indus yang berarti Hindia dan kata Yunani nesos yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau. Dengan demikian, kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia. Jadi, jelaslah bahwa negara kita di beri nama indonesia karena letak geografis negara kita yang berbentuk kepulauan dan terletak di dekat samudera hindia.


Pada tahun 1862 istilah Indonesia juga digunakan oleh orang berkebangsaan Inggris bemama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi.
Istilah Indonesia juga dipakai oleh G.W. Earl . ia menyebutkan dalam karangan nya bahwa kepulauan negara kita bisa di diberi nama Indunesia atau Malayunesia.  Earl sendiri lebih memilih nama Malayunesia karena sebagian besar masyarakat di kepulauan negara kita adalah bangsa melayu. Namun, orang-orang indonesia pada waktu itu lebih memilih nama Indunesia dengan mengganti huruf “U” dengan “O” agar pengucapan nya lebih mudah.


Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politis. Istilah Indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bemama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti Perhimpunan Indonesia.
Pada tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta akhirnya menggunakan istilah Indonesia dalam Kongres Pemuda pada  tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia sebagai nama bangsa dan nama bahasa kita. Dan kemudian di susul  Istilah Indonesia secara resmi  digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan  proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan nama resmi Republik Indonesia.


Nama Lain Yang di Berikan Dunia Untuk Indonesia


1. Jamrud Khatulistiwa
Julukan ini, diberikan karena letak geografis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan    penampakan alam yang hijau seperti jamrud.

2. Negara Agraris   
Julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian
penduduk kita sebagai petani Negara Maritim Julukan ini mengacu pada kenyataan perairan Indonesia yang luas.


3. Nusantara
Julukan ini, yang di sematkan oleh kerajaan majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai Papua dalam
literature bahasa Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.


4. Negara Seribu Candi
Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur sebagai salah satu dari 7.

5.  Negara Nyiur 
Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah Negara maritim yang otomatis ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

6. Negara Megabiodiversitas
Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman flora dan fauna yang ada.
termasuk spesies purba dan spesies langka di indonesia seperti komodo, anggrek hitam dan raflessia arnoldi.


7.  Negara Seribu Pulau
Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

8.  Paru-Paru Dunia
Julukan ini beberapa kali di sematkan oleh AS dan Singapura melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia.

9.  Garuda  
Julukan ini mengacu pada symbol Negara indonesia yaitu burung garuda

10. Macan Asia yang Tertidur  

Julukan aslinya adalah Macan Asia. tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang diberikan oleh Negara-negara asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

2 komentar

2 komentar

  • sisuka
    sisuka
    22 November
    NOBITAPOKER.NET Adalah Situs Poker IDN Online Resmi Dan Terpercaya Dan Mudah Menangnya, Dengan Di Lengkapi Berbagai Macam Permainan Kartu Seperti: POKER-DOMINO-CEME-CEMEKELILING-CAPSA-SUPER10-OMAHA

    Tentunya Banyak Sekali Kelebihan Bermain Bersama NOBITAPOKER.COM
    * Pelayanan Yang Terbaik,Cepat,Dan Cs Yang Sangat Ramah
    * Bonus Cashback Tanpa Batas
    * Bonus Referall Seumur Hidup
    * Proses Deposit Dan Withdraw Tercepat
    * Bisa Langsung Di Mainkan Tanpa Perantara
    * Di Dukung Melalui Aplikasi IOS & Android
    * Sistem Keamanan Terbau, Dan Susah Di Hack

    Di Support Oleh Bank Resmi Indonesia
    BCA | MANDIRI | BNI | BRI
    Untuk Semua Bank Online 24Jam Dan Pastinya Tidak Ribet

    Contact Us:
    BBM: nobitapk
    WA: +639669570053
    INSTAGRAM: nobitapoker_official
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Agustus
    Hello there, just became alert to your blog through
    Google, and found that it is really informative. I'm gonna watch out for brussels.
    I will appreciate if you continue this in future.
    Many people will be benefited from your writing. Cheers!

    Bandar Ceme
    Reply