b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Seperti Apa Blog Yang DiSukai Oleh Google Search Engine

Blog On Google
Google Search Engine


Bagaimana cara untuk bisa berada dihalaman utama google?, mungkin Anda sudah mengetahuinya bahwa berada dihalaman utama google yaitu hanya 10 situs dengan kualitas terbaik. Pada dasarnya untuk berada dihalaman utama google cukuplah mudah dan tidak perlu melakukan cara-cara kotor, Anda cukup mengetahui kriteria blog yang paling disukai oleh google

Kriteria Blog Yang Disukai Google

1. Blog Dengan Domain Khusus
Maksud dari domain khusus disini ialah Top Level Domain (TLD), dengan menggunakan domain khusus tentunya tidak lagi menggunakan blogspot atau wordpress. Walaupun google lebih suka dengan blog TLD, tetapi bukan berarti google membenci blogspot atau wordpress, tidak menutup kemungkinan juga, jika blog Anda berkualitas akan bisa menandingi blog dengan domain khusus. Hanya saja, Google akan memperlakukan khusus blog dengan domain TLD.


2. Blog Yang Sudah Berusia
Menurut pakar ahli SEO mengatakan bahwa google akan lebih suka dengan blog yang sudah berusia alias sudah tua. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi Google tidak suka dengan daun muda, karena google menilai dari segi kematangan blog itu sendiri. Blog yang sudah tua, maka nilai kematangannya, dengan memiliki banyak keunggulan yang mana salah satunya dalam hal jumlah postingan.

Akan tetapi Anda jangan  beranggapan bahwa blog yang sudah tua serta merta akan disukai oleh google, karena tidak semua blog tua menjadi kesayangan google. Hanya blog tua yang menjaga dan selalu meningkatkan kualitas yang akan disukai oleh google.


3. Memiliki Postingan Banyak
Blog yang memiliki banyak postingan tentu sangat bagus di mata google. Seperti yang disebutkan diatas, bahwa blog tua yang disenangi google adalah yang selalu update. Hal itu berarti, semakin tua satu blog maka akan semakin banyak jumlah postingannya. 


Dalam hal ini intinya, buatlah blog yang penuh dengan postingan, karena semakin banyak postingan akan semakin baik dimata google. Dengan banyaknya postingan pada blog Anda, maka halaman yang dijelajahi oleh google juga akan semakin banyak, itu artinya peluang Anda untuk berada di halaman utama google akan semakin besar.

4. Memiliki Postingan Berkualitas
Seperti yang saya katakan diatas bahwa google menyukai blog dengan jumlah postingan yang banyak, akan tetapi memiliki banyak postingan jika tidak bermutu bukan kesukaan google, karena google memang cukup selektif dalam memilih blog. Dalam hal ini selain harus memiliki banyak postingan, dan postingan itu juga mesti berkualitas.

Banyak yang bertanya seperti apa postingan yang berkualiats itu, maksud dari postingan yang berkualitas ialah postingan hasil karya sendiri tidak melakukan copy paste milik orang lain, dan yang paling utama ialah isi postingan yang bisa bermanfaat untuk pembacanya.

5. Blog Yang Fokus
Maksud dari blog yang fokus ialah blog isinya hanya mengangkat topik terntentu, dalam hal ini topik yang dibahas didalam blog tersebut hanya satu topik khusus. Mungkin google masih bisa menerima blog yang membahas satau sampai empat topik, tetapi jika bahasannya terdapat banyak topik atau sering di sebut blog gado-gado, maka google tidak akan menyukainya. 


Buatlah blog yang tidak terlalu banyak topik yang diangkat, karena kemungkinan besar google juga akan kebingungan menentukan jenis pencarian apa yang cocok buat blog Anda. Dengan menetapkan satu topik khusus, google akan dengan mudah menandai blog Anda ahli dalam hal tersebut. Jika blog Anda mulai serius menggarap satu topik khusus, maka tidak akan lagi diabaikan oleh google.

6. Blog Dengan Link Yang Baik

Maksud dari link yang baik disini ialah blog yang memiliki link internalnya yang tertata dengan baik, yang mana dalam satu artikel harus ada yang menyambungkan terhadap artikel yang lainnya, dalam hal ini disebut internal link. Akan tetapi tidak hanya memiliki internal link saja, Anda juga jangan melupakan kekuatan external link yang menghubungkan ke blog yang lain. Karena dengan adanya kedua link tersebut, maka google akan lebih menyukai blog tersebut.

7. Blog Dengan Tampilan Menarik 

Blog dengan penampilan menarik bukan semata-mata blog yang hanya enak dilihat saja, tetapi blog yang memiliki kriteria yang harus dipenuhi oleh blog tersebut. Salah satu yang menjadi perhatian google yaitu blog dengan sistem navigasi yang baik.

Google akan menyukai blog dengan tampilan yang enak dilihat dan memiliki navigasi yang baik, dan intinya tampilan blog tidak ribet atau membingungkan bagi para pengunjungnnya.  Yang harus diperhatikan dalam hal ini ialah tata letak dan sistem navigasi yang baik serta loading blog yang cepat, jangan terlalu banyak memasang widget yang tidak terlalu penting, dan satu hal lagi google juga menyarankan agar tampilan blog bisa responsive. 

8. Blog Selalu Update
Kriteria yang terakhir ialah blog yang selalu update, tentunya dengan blog yang update terus maka akan disukai oleh google. Banyak yang berangapan, jika jumlah postingan sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan maka itu sudah cukup. Akan tetapi persaingan dan informasi yang terus berkembang mengharuskan kita untuk terus mengupgrade diri.

Jika Anda cepat berpuas diri dengan hasil yang biasa-biasa saja, maka kita akan tertinggal dengan orang lain. Buatlah blog yang selalu update secara rutin, minimal sekali satu atau dua tulisan dalam sehari. Dengan begitu maka google akan selalu ingat dan selalu memperhatikan blog kita.



2 komentar

2 komentar